Translate

Rabu, 16 Januari 2013

Perkecambahan Kacang Merah dan Tipe-nya

Perkecambahan Kacang Merah
Tanah yang cocok bagi tanaman kacang merah  ternyata banyak terdapat di daerah yang mempunyai iklim basah sampai kering dengan ketinggian yang bervariasi. 

 Pada umumnya tanaman merahtidak membutuhkan curah hujan yang khusus, hanya ditanam di daerah dengan curah hujan 1.500-2.500 mm/tahun. 

Umumnya tanaman kacang merahmemerlukan cahaya matahari yang banyak atau sekitar 400-800 feetcandles. Dengan diperlukan cahaya dalam jumlah banyak, berarti tanaman kacang merah tidak memerlukan naungan. 

 Suhu udara ideal bagi pertumbuhannya adalah 20-25 derajat C. Pada suhu < 20 derajat C, proses fotosintesis terganggu, sehingga pertumbuhan terhambat, jumlah kacangmenjadi sedikit. Pada suhu ³25 derajat C banyak kacang hampa (sebab proses pernafasan lebih besar dari pada proses fotosintesis), sehingga energi yang dihasilkan lebih banyak untuk pernapasan dari pada untuk pengisian kacang. 

Kelembaban udara yang diperlukan tanaman kacang merah± 55% (sedang). Perkiraan dari kondisi tersebut dapat dilihat bila pertanaman sangat rimbun, dapat dipastikan kelembapannya cukup tinggi.

 Media Tanam
Jenis tanah yang cocok untuk tanaman kacang merah adalah andosol dan regosol karena mempunyai drainase yang baik. Tanah andosol hanya terdapat di daerah pegunungan yang mempunyai iklim sedang dengan curah hujan diatas 2500 mm/tahun, berwarna hitam, bahan organiknya tinggi, berstektur lempung hingga debu, remah, gembur dan permeabilitasnya sedang. Tanah regosol berwarna kelabu, coklat dan kuning, bertektur pasir sampai berbutir tunggal

Sifat-sifat tanah yang baik untuk kacang merah: gembur, remah, subur dan keasaman (pH) 5,5-6. Sedangkan yang ditanam pada tanah pH < 5,5 akan terganggu pertumbuhannya (pada pH rendah terjadi gangguan penyerapan unsur hara). Beberapa unsur hara yang dapat menjadi racun bagi tanaman antara lain: aluminium, besi dan mangan.
Kacang merah boleh ditanam pada berbagai jenis tanah dengan sarat struktur tanahnya gembur. Tanah yang memiliki struktur yang gembur akan mempermudah akar tanaman mencari unsur hara yang terkandung dalam tanah. Struktur tanah yang gembur juga akan mempengaruhi pertambahan volume akar. Volume akar tanaman yang besar akan mempermudah tanaman dalam mencari unsur hara yang terkandung dalam tanah.
 sumber : kacangmerah-mitra.blogspot.com
              
http://epetani.deptan.go.id/budidaya/media-tanam-untuk-kacang-merah-3904

Tipe perkecambahan Kacang Merah
Tipe perkecambahan kacang merah adalah perkecambahan epigeal.
Tipe ini terjadi, jika plumula dan kotiledon muncul di atas permukaan tanah.
Perkecambahan epigeal dapat terjadi karena pertumbuhan memanjang bagian hipokotil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar