Translate

Kamis, 27 Desember 2012

Top 10 Serangga Cantik & Menakjubkan Di dunia

1. Serangga Tercantik: Sunset Moth dari Madagaskar
Sayap serangga ini tidak memiliki pigmentasi apapun! Warna yang terlihat sebenarnya merupakan pembiasan dari cahaya oleh mikrostruktur pita, yang bagaikan sisik menutupi seluruh bagian sayap. Ngengat ini aktif di siang hari, sementara sebagian besar ngengat dalam suku atau familia yang sama aktif di malam hari. Mereka adalah hewan asli di Madagaskar dan Amerika Selatan. Sayapnya dapat berubah warna dari biru ke hijau keemasan kemudian menjadi kuning saat melihatnya dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itulah kupu-kupu ini sangat diburu oleh para kolektor.


2. Semut Paling Berbahaya: Black Bulldog Ant of Australia
Kita semua pasti pernah melihat semut dan mengenalnya sebagai hewan yang tidak berbahaya, tapi ada pengecualian untuk yang satu ini. Menurut literatur, Black Bulldog Ant diketahui pernah membunuh manusia. Mereka berwarna coklat gelap dan hitam di bagian perut. Semut yang merupakan jenis paling primitif dan sangat agresif ini, memiliki panjang sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 5 cm. Sesuai dengan namanya, semut ini hanya ditemukan di Australia dan memiliki gerakan yang sangat cepat.


3. Serangga Terbang Tercepat: Horse Fly
Serangga ini dapat terbang dengan kecepatan 145 km per jam. Horse Fly juga memiliki kontrol dan manuver yang sangat baik di udara. Mereka dapat berbelok dan berganti arah secepat kilat. Walaupun dapat bergerak dengan cepat, serangga ini tidak bergantung pada kecepatannya untuk menangkap mangsa. Mereka sudah memperkirakan sebelumnya, kemana arah tujuan terbang dan apa yang akan dilakukan. Selain itu Horse Fly juga memiliki mata yang sangat besar, bahkan mungkin yang terbesar dari semua serangga yang ada, dengan sudut penglihatan hampir 360 derajat!


4. Serangga Terberat: Goliath Beetle
Tidak hanya berat, serangga ini juga memiliki bentuk tubuh yang besar. Mereka termasuk dalam suku atau familia scarab beetle, yang mana terdiri dari 30.000 spesies dan menurut para ilmuwan masih ada banyak lagi spesies dalam familia ini yang belum ditemukan. Spesies ini pertama kali muncul lebih dari 300 juta tahun yang lalu, dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan merupakan faktor penyebab spesies ini masih bisa bertahan begitu lama. Goliath Beetle suka makan tumbuh-tumbuhan mati dan memiliki ukuran tubuh 5 cm sampai dengan 11 cm dengan berat 85 gram hingga 100 gram. Kumbang ini memiliki peran penting dalam ekosistem sebagai dekomposer bagi lingkungan.


5. Serangga Paling Mengganggu: No-See-Um
Serangga ini merupakan lalat dengan ukuran sangat kecil yang berkumpul dalam sebuah kelompok dan terbang dengan arah tidak jelas. Mereka dapat melewati celah-celah pintu atau jendela. Biasanya hidup di tempat yang ada sumber airnya. Hanya betina yang menggigit dan mengisap darah untuk mendapatkan protein guna membesarkan telur-telurnya.
6. Serangga Terpanjang: Giant Stick Insect
Panjang Giant Stick Insect mencapai sekitar 16,3 cm. Jika dihitung ketika kakinya semua terentang, panjangnya menjadi 29,5 cm. Pada beberapa kasus, panjang serangga ini bisa mencapai 50 cm. Ada lebih dan 3.000 spesies yang ditemukan, beberapa dari mereka memiliki sayap dan dapat terbang. Mungkin memang sulit untuk membayangkan sesuatu sebesar ini terbang di ruang tamu kita. Hal ini sebenarnya masih menjadi tantangan bagi orang-orang tertentu tentang bagaimana mereka bisa terbang dengan tubuh yang berat dan sayap kecil; keahlian ber-aerodinamis-lah yang mungkin menjadi jawabannya.


7. Serangga Ternyaring: Brevisana Brevis
Spesies jangkrik ini bunyinya dapat terdengar hingga seperempat hingga satu mil jauhnya. Pada jarak dekat, bunyinya dapat mencapai 120 desibel. Sebagai pembanding, musik pada diskotik hanya sebesar 100 desibel.


8. Serangga Dengan Bentuk Teraneh: Thorn Bug
Ukuran dan warna serangga ini sangat bervariasi, tetapi biasanya Thorn Bug dewasa memiliki panjang sekitar 1,5 cm dan berwarna hijau. Mereka banyak ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah, Meksiko, serta Florida bagian selatan. Spesies ini sebelumnya tidak dikenali hingga hampir tahun 1950.


9. Serangga Dengan Masa Hidup Terlama: Queen of Termites
Queen of Termites telah dikenal bisa hidup hingga mencapai 50 tahun. Mereka telah ada di bumi selama lebih dari 200 juta tahun. Makanan serangga ini adalah kayu mati dan bisa dihabiskan olehnya sendirian. Jadi tak heran jika kerusakan yang disebabkannya pada sebuah rumah, melebihi bencana kebakaran dan badai. Queen of Termites memiliki 5.000 hingga 7.000 telur per hari, dimana hal itu merupakan jumlah telur yang sangat banyak bagi sebuah serangga yang juga mampu hidup begitu lama.


10. Serangga Paling Merusak: Desert Locus
Jika rayap dapat menyebabkan banyak kerusakan pada rumah, itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kerusakan yang dihasilkan oleh Desert Locus. Porsi makan mereka sama dengan berat tubuhnya dan memangsa hampir semua jenis tanaman, dedaunan, bunga-bungaan, padi, buah-buahan, sayur mayur, dan biji-bijian. Pada tahun 2003-2005 adalah salah satu masa terburuk di Afrika Barat karena wabah Desert Locus. Serangga ini dikenal telah menginvasi lebih dari 20 negara, dengan menimbulkan biaya untuk membasminya berkisar $400 juta dan perkiraan kerusakan panen lebih dari $2,5 milyar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar